Sebelum melakukan entri data pada suatu sel, terlebih dahulu menempatkan
pointer pada alamat sel yang akan diisi data. Setelah itu, Anda dapat
mengatur format pada data tersebut.
a. Memindahkan pointer
Pointer atau disebut juga dengan kursor berfungsi untuk menentukan
tempat di sel mana Anda sedang berada. Anda dapat menggunakan mouse atau
keyboard untuk memindahkan pointer ini.
Menggunakan mouse dengan cara klik alamat yang diinginkan.
Apabila alamat sel tidak terlihat di layar, Anda dapat menggunakan
penggulung layar vertikal maupun horizontal. Apabila Anda menggunakan
keyboard gunakan tombol panah.
Nama Tombol | Fungsi Tombol |
→ | Pindah 1 sel ke kanan |
← | Pindah 1 sel ke kiri |
↓ | Pindah 1 sel ke bawah |
↑ | Pindah 1 sel ke atas |
Page Down | Menggulung dokumen 1 layar ke bawah |
Page Up | Menggulung dokumen 1 layar ke atas |
Ctrl + → | Pindah pointer ke akhir kolom (kolom
XFD) |
Ctrl + ← | Pindah pointer ke awal kolom (kolom
A) |
Ctrl + ↓ | Pindah pointer ke akhir baris (baris
1.048.576) |
Ctrl + ↑ | Pindah pointer ke awal baris (baris 1) |
Home | Pindah ke awal kolom |
Ctrl + End | Pindah ke akhir sel yang terisi data |
Ctrl + Home | Pindah ke awal sel (A1) |
Alt + Page Down | Menggulung 1 Layar ke kanan |
Alt + Page Up | Menggulung 1 layar ke kiri |
Ctrl + Page Down | Pindah ke Sheet berikutnya |
Ctrl + Page Up | Pindah ke Sheet sebelumnya |
Ctrl + F6 | Pindah ke jendela workbook sebelumnya/
berikutnya |
F2 | Mengedit rumus/formula |
F5 | Go to (menuju ke sel tertentu) |
b. Bentuk Kursor
Untuk mengetikkan data yang akan diolah, Anda dapat menggunakan
fasilitas mouse maupun keyboard. Hanya saja pada saat Anda akan mengolah
data, harus benar-benar memahami sel mana yang akan diolah.
Anda harus tepat dalam menempatkan kursor pada sel, baru kemudian
memberikan perintah-perintah untuk pengolahan. Microsoft Excel memiliki
beberapa bentuk kursor yang dapat digunakan untuk menjalankan
perintah-perintah.
Jenis Kursor | Fungsi | Posisi Kursor |
| Membuat blok, memilih daerah yang akan diolah | Di tengah-tengah sel yang sedang dipilih |
| untuk mengedit, mengentri data pada sel yang akan diolah | Di tengah-tengah sel yang sedang dipilih |
| Menyalin blok ke cell yang dilaluinya | Sudut kanan bawah pada sel yang dipilih |
| Blok Kolom / baris | di tengah label baris atau kolom |
| Memindahkan blok ke sel yang dituju mouse | Di tepi (garis batas) sel yang sedang dipilih |
| Mengatur besar kolom atau baris | antara kolom atau baris |
c. Mengidentifikasi dan memasukkan jenis data
Kelebihan dari Microsoft Excel selain untuk pengolah angka (misalnya
pengurangan, penjumlahan, pembagian) dapat pula digunakan untuk
presentasi angka yang disisipi teks, grafik, gambar-gambar pendukung dan
diagram. Sebelum pembahasan lebih jauh, terlebih dahulu Anda harus
mengetahui jenis data yang hendak diolah dalam Microsoft Excel. Dalam
Microsoft Excel terdapat dua jenis data sebagai berikut.
1) Data label
Data label adalah data-data berupa teks atau karakter yang tidak akan
dilakukan operasi matematika. Data label disebut juga data string atau
text yang secara default format data ini adalah rata kiri, misalnya
hurufhuruf, gabungan angka dengan karakter (alfa numerik) seperti nomor
polisi kendaraan, dan nomor induk siswa.
2) Data value
Data value adalah data-data yang berupa angka atau rumus-rumus yang
dapat dilakukan operasi matematika. Data value dibedakan menjadi dua,
yaitu sebagai berikut.
- Numerik
Numerik adalah angka-angka atau bilangan yang akan dilakukan operasi
matematika yang secara default format data ini adalah rata kanan,
misalnya: 0,1,2,3,4…
- Formula
Formula merupakan rumus-rumus yang dibuat baik dengan menggunakan
operasi sel maupun dengan memanfaatkan fasilitas fungsi. Cara penulisan
data dalam bentuk rumus harus diawali dengan tanda = (sama dengan).
Dalam membuat rumus yang dituliskan bukan isi datanya melainkan alamat
sel-nya.
Untuk membedakan keempat jenis data tersebut, perhatikan contoh berikut ini.
Pada dasarnya untuk memasukkan data dilakukan dengan mengisikan pada
setiap sel untuk suatu data yang akan diolah, kecuali jika data tersebut
berupa data label dapat saja mengetikkan langsung dengan melewati batas
dari setiap sel. Namun, jika suatu data yang akan kita buat berupa data
yang akan diolah (data value), maka pengetikannya harus dilakukan
dengan mengisikan setiap data pada setiap sel yang berbeda.
Untuk memudahkan dan mempercepat pengetikan data value, sebaiknya
lakukan pengetikan bilangan melalui tombol kalkulator yang terdapat pada
bagian kanan keyboard dengan mengaktifkan terlebih dahulu tombol
Numlock.
1) Memasukkan data berupa angka (number)
Perintah ini digunakan untuk mengatur format tampilan data numerik
ataupun data tanggal, misalnya memberi angka desimal, memformat mata
uang, dan lain-lain. Data angka dapat dimasukkan dengan mengetikkan
angka pada sel yang sedang aktif. Penulisan tersebut harus memerhatikan
format penulisannya. Angka yang diperbolehkan adalah angka numerik,
yaitu angka 0 sampai 9. Penulisan angka pecahan harus menggunakan 0,
(nol koma), misalnya angka dituliskan 0,7.
Penulisan data angka dalam kehidupan sehari-hari umumnya dipisahkan
dengan tanda titik untuk membedakan ribuan, jutaan, milyaran, dan
seterusnya. Hal tersebut berbeda dengan format penulisan Excel yang
secara default tidak menggunakan titik untuk membedakan ribuan, jutaan,
milyaran, dan seterusnya. Misalnya jika ingin menuliskan 1.000.000.000,
maka penulisan data di Excel adalah 1000000000. Jika penulisan salah,
misalnya digunakan titik sebagai pemisah maka program Excel akan
membacanya sebagai karakter biasa dan bukan sebagai pemisah sehingga
angka yang kita masukkan menjadi salah.
Untuk lebih jelasnya perhatikan tabel berikut.
Pada tabel di atas kolom jumlah uang menggunakan rumus. Untuk menuliskan
kolom yang lain cukup Anda ketikkan langsung (tanpa Rp). Untuk membantu
Anda dalam menuliskan data angka secara otomatis dapat dilakukan
format.
- Memformat mata uang
Caranya adalah blok kolom harga satuan kemudian klik tab menu Home pilih
Format Cell. Pilih tab Number, kemudian Accounting dan atur format
decimal pada listbox Decimal places. Pilih Rp Indonesia pada combo
Symbol, perhatikan tampilan gambar berikut.
- Memasukkan data berupa teks
Untuk memasukkan data yang berupa label (alfa numerik), Anda tinggal
mengetikkan teks ke dalam sel. Namun perlu diketahui bahwa penulisan
data label ini penulisannya akan melewati batas sel. Untuk mengatur data
tersebut perlu dilakukan format sel. Perintah ini hampir sama pada
program Ms. Word, yaitu berfungsi untuk mengatur format font/huruf.
Jenis font standar pada Excel adalah Arial dengan ukuran 10. Namun
demikian, Anda dapat mengganti sesuai dengan kebutuhan. Untuk lebih
jelasnya perhatikan gambar berikut ini.
2) Memperbaiki kesalahan pengetikan
Kesalahan dalam pengetikan data mungkin saja dapat terjadi. Anda dapat
merevisi atau memperbaiki data tersebut dengan cara mengganti isi sel
yang tekniknya adalah sorot sel tersebut, kemudian ketik data yang baru
lalu tekan enter. Namun, jika Anda menginginkan untuk memperbaiki isi
sel, caranya adalah pilih sel yang datanya ingin diperbaiki kemudian
tekan F2, atau klik tombol kiri mouse 2 kali pada sel yang datanya ingin
diperbaiki, gunakan tombol-tombol berikut untuk membantu dalam
memposisikan kursor (panah pada keyboard, home, end, delete, backspace)
setelah selesai tekan enter.
Apabila Anda membuat kesalahan dalam memberikan suatu perintah, maka
Anda dapat melakukan pembatalan terhadap perintah tersebut dengan klik
Quick Access Toolbar, kemudian klik tombol Undo. Demikian sebaliknya,
apabila Anda akan membatalkan perintah Undo gunakan tombol Redo.
Memodifikasi Dokumen Excel dengan Gambar dan Teks Indah
Modifikasi dokumen Excel bertujuan untuk memberikan ilustrasi dan
memperindah dokumen. Dalam memodifikasi suatu dokumen lembar kerja
antara lain dengan menambahkan atau menyisipkan gambar maupun teks
artistik, sehingga hasil akhirnya akan menjadikan dokumen yang tampak
hidup.
1. Menyisipkan Gambar
Program Microsoft Excel telah menyediakan beberapa jenis gambar di
antaranya adalah gambar jenis vektor (gambar kurva, garis), jenis gambar
bitmap (jenis foto yang telah disimpan dalam hardisk), jenis gambar
clip art. Kesemuanya dapat diakses melalui perintah berikut.
a. Klik menu Insert, kemudian pilih Picture. Perhatikan gambar berikut. Keterangan
- Picture : digunakan untuk memasukkan gambar
- Clip Art : digunakan untuk memasukkan gambar Clip Art standar dari Windows
- Shapes : digunakan untuk membuat gambar sederhana 2 dimensi
- Smartart : digunakan untuk memasukkan atau membuat diagram
b. Klik salah satu gambar yang akan disisipkan, kemudian klik Insert.
c. Setelah gambar tercopy dalam dokumen lembar kerja, aturlah tata letaknya.
2. Menyisipkan Teks Indah (WordArt)
Gaya tulisan dalam Excel dapat dimodifikasi sehingga tampak lebih
menarik. Teks indah dapat dibuat melalui fasilitas WordArt. WordArt
merupakan tulisan artistik yang dapat Anda lakukan dengan klik ikon
WordArt pada tab Insert, kemudian pilih subtab Text. Perhatikan gambar
tampilan tab berikut ini.
Klik pada salah satu pilihan model yang diinginkan hingga muncul tampilan berikut.
Ketikkan teks yang diinginkan, misalnya pada gambar berikut.